Laman

Rabu, 19 Juni 2013

C E K E R ayam

Ceker ayam (kaki ayam) mungkin ini adalah salah satu bagian tubuh ayam yang paling tidak disukai karna ya emang hampir tidak ada dagingnya, bisa dibilang cuma tulang dan kulit aja. Padahal ceker ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi lho......

Ini nih beberapa zat-zat dari ceker ayam yang bermanfaat bagi tubuh:

Asam Amino
Merupakan zat utama pada ceker ayam. Asam amino yang terdapat pada ceker ayam adalah glisin, prolin, hidroksiprolin, agrinin, dan lisin. Asam amino ini berfungsi untuk membentuk sel-sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi (daya tahan tubuh), serta menyelaraskan enzim dan hormon.

Kolagen
Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning kuningan. Jika terkena panas, seperti proses memasak, kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem. Kolagen terbukti berkhasiat untuk penyembuhan luka, kesehatan lambung serta pertumbuhan kuku, rambut, dan kecantikan kulit.

Kalsium
Kalsium berfungsi untuk mencegah penyakit jantung, melancarkan peredaran darah, sebagai mineralisasi gigi, melenturkan otot, mengatasi kram, sakit pinggang serta meminimalkan osteoporosis pada wanita hamil.

Kartilago
Kartilago (tulang rawan) pada ceker ayam sama dengan yang terdapat pada sirip ikan hiu. Berfungsi untuk melapisi persendian dan diyakini para ahli mampu memperbaiki kekebalan tubuh serta mencegah kanker.

Hydroxyapatite
Merupakan salah satu meneral alami yang menjadi penyusun dalam komponen utama tulang dan gigi.

Glukosamin dan Kondroitin
Dua senyawa yang berkhasiat sebagai antiradang alami yang bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.


Kandungan gizi ceker ayam per 100 gram:

Zat gizi
Jumlah
Energi (kkal)
150
Protein (g)
19
Karbohidrat (g)
0,4
Lemak (g)
8
Vitamin A (IU)
100
Asam folat (mkg)
86
Kolin (mg)
13
Kalsium (mg)
88
Fosfor (mg)
83
Asam lemak omega-3 (mg)
187
Asam lemak omega-6 (mg)
2.571


Setelah mengetahui kandungan pada CEKER ayam (kaki ayam) rasanya jadi pengen makan ceker tiap hari nih......hehehe......

------Thank's-------










5 komentar:

  1. ternyata banyak juga kandungannya,,,,,

    ane lebih suka leher dripada ceker,,,, :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hebatnya leher ayam? Mending ayam sexy aja dehhh....

      Hapus
  2. Jujur sob, aku agak kurang suka dengan ceker ayam. Soalnya ceker ayam (kaki ayam) biasa buat nginjek apa gitu, apalagi ayam ga pernah pake sandal.
    Haha

    Emang si manfaatnya banyak, tapi masih ada bagian tubuh ayam yg lain yg juga banyak manfaatnya.
    Hehe

    BalasHapus
  3. ok sob, emg selama si punya ceker ayam masih hidup ya bgitulah, buat menginjak2 n mengais2 yg gituan.. hehe... thanks sob atas kunjunganya....

    BalasHapus